Select Page

Hubungi:
0274 - 4332481

Jl. Adisucipto Km.10, Sambilegi, Yogyakarta
Indonesia

Air Terjun di Jogja memang sangat banyak, dan memiliki keindahan tersendiri. Salah satu wisata yang menarik minat pengunjung adalah pemandangan indah dari air terjun. Berikut ini adalah 4 Air Terjun di Jogja Yang Memiliki Pemandangan Indah:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Anda akan dibawa menggunakan perahu rakit menyusuri aliran Sungai Oya untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya. Dengan tiket Rp. 7.000,- Anda sudah bisa mendapatkan suasana yang nyaman dan pemandangan yang indah untuk menikmati liburan. Air Terjun ini sangat unik karna airnya tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai, tetapi air terjun ini terlebih dahulu jatuh dan mengalir ke bebatuan karst sehingga terlihat lebih cantik.

2. Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi pasti dari air terjun ini adalah di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo, Kulonprogo dan hanya butuh Rp. 3.000,- saja untuk Anda bisa menikmati suasana disini. Disini Anda bisa berenang dikolam alami yang ada dibawahnya dengan air yang berwarna hijau tosca bersih. Untuk menuju ke lokasi ini anda harus melewati jalan setapak. Air terjun ini diapit oleh dua bukit yang tinggi sehingga warga sekitar menyediakan jembatan bambu untuk wisatawan yang ingin memotret keindahan air terjun dari depan.

3. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo berada di dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, kec Imogiri, Kab. Bantul, Jogjakarta. Air terjun yang jernih dan pemandangan sekitar yang indah dan sejuk membuat wisatawan lebih nyaman untuk berlibur, ditambah lagi tempat ini masih sepi pengunjung karena masih baru dan belum banyak orang tau karena kurangnya explore tempat wisata ini. Banyak yang mengatakan bahwa air terjun yang satu ini memiliki karakteristik yang sama seperti air terjun terkenal di negara Thailand yakni Erawan Falls.

4. Air Terjun Gedangsari

Air Terjun Gedangsari ini juga berlokasi di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Keberadaan air terjun ini tepat berada dibawah gunung yang menjadi perbatasan antara kabupaten gunung kidul dengan kabupaten Klaten. Untuk memasuki kawasan air terjun ini, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 2.000,-. Meskipun bernama Curug Indah Tegalrejo, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Bayat karena lokasinya tidak jauh dengan ibukota kecamatan Bayat dan berada dibawah pegunungan seribu yang berada di kabupaten Gunungkidul.

Dari berbagai keindaahan Air Terjun tersebut, ada satu hal yang wajib anda ketahui, keindahan wisata air terjun tidak dapat terlepas dari musim,apakah musim kemarau atau musim penghujan. Jika berkunjung ke lokasi ini pada musim kemarau, maka pengunjung akan mendapati air yang berwarna kebiruan dengan volume air yang tidak terlalu besar. Pada kondisi seperti ini pengunjung akan lebih leluasa untuk mendekat ke air terjun dan memuaskan diri untuk bermain air. Sedangkan, pada musim penghujan, air akan berubah menjadi kecoklatan dan aliran air yang cukup deras sehingga harus waspada jika sewaktu-waktu volume air akan meningkat.