Select Page

Hubungi:
0274 - 4332481

Jl. Adisucipto Km.10, Sambilegi, Yogyakarta
Indonesia

Pantai Wohkudu – Diapit dua tebing dan perbukitan, tidak menghalangi Pantai Wohkudu untuk menampilkan pesonanya. Letaknya yang tersembunyi menambah daya magis dari pantai tersebut. Suasana hening Pantai Wohkudu dan debur ombak yang menyapu bibir pantai menghipnotis kita untuk hanyut dalam relaksasi.

Pantai Wohkudu merupakan satu dari sekian banyak pantai di gugusan laut selatan Yogyakarta yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Letaknya yang tersembunyi memberi kesan tersendiri yang jarang kita temukan di pantai-pantai lain di wilayah ini. Hening dan damai, adalah dua kata yang pertama kali akan terbersit di pikiran bagi siapapun yang menginjakan kakinya di Pantai Wohkudu.

Terletak di antara himpitan dua bukit karang memjadikan Pantai Wohkudu tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Jika dibandingkan dengan Pantai Greweng yang juga berada di antara dua bukit, Pantai Wohkudu jauh lebih sempit dan tidak memiliki hamparan pasir seluas Pantai Greweng. Namun hal ini bukanlah kendala melainkan justru memberi kesan eksklusif. Lokasinya yang tersembunyi dan suasananya yang hening menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang cocok untuk melarikan diri dari kepenatan serta riuhnya perkotaan.

Dikarenakan letaknya yang berada di sisi barat wilayah Gunungkidul atau wilayah yang tidak terlalu populer untuk dijadikan tujuan utama wisata, kondisi Pantai Wohkudu masih terasa sangat alami atau bisa dibilang masih perawan karena memang jarang dikunjungi wisatawan. Jalur Imogiri – Panggang yang menjadi jalur terdekat untuk mencapai Pantai Wohkudu dari Yogyakarta juga merupakan jalur yang sepi karena bukan jalur utama mencapai Gunungkidul. Namun jangan salah, jalur yang berupa tanjakan dan kelokan ini sangat memanjakan mata bagi siapa pun yang melewatinya. Kamu akan diajak membelah perbukitan dengan pepohonan hijau di kanan kirinya.

Selain karena berada di wilayah yang kurang populer sebagai destinasi wisata, hal yang membuat Pantai Wohkudu masih jarang diketahui banyak orang adalah letaknya yang tersembunyi. Untuk mencapai pantai ini kamu harus meneruskan perjalanan dengan trekking menuruni bukit. Tetapi tidak perlu khawatir karena lagi-lagi hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah yang disajikan di sepanjang rute. Kamu bisa melihat aneka flora indah yang tumbuh di sekitaran perbukitan. Jika beruntung, kedatangan anda akan disambut oleh sekelompok kera liar yang mempertontonkan aksi jenakanya.

Selain beberapa koloni kera liar, terkadang ada juga burung warna-warni yang menampakan diri di depan kita atau sekedar hinggap di salah satu dahan pepohonan. Ada pula beberapa anjing yang lalu lalang di sekitar rute menuju pantai. Oh ya, disana anda juga akan menemui beberapa hewan ternak milik warga setempat.

Tanda bahwa anda akan segera sampai adalah suara deburan ombak yang terdengar sayup serta penampakan dua tebing kokoh yang mengapit Pantai ini. Tak berapa lama akan terlihat birunya laut selatan serta sebidang tanah lapang yang seolah menjadi halaman dari Pantai Wohkudu. Akhirnya setelah melewati tanah lapang tadi, Hamparan pasir putih berhiaskan karang dan rumput liar menyambut kedatanganmu. Welcome to the private beach!

Memang tidak terlalu mudah untuk menemukan dan sampai ke pantai ini. Tetapi bukankah hal yang tidak mudah didapat akan meninggalkan kesan yang mendalam setelah kita berhasil mecapainya? Begitu juga yang akan kamu rasakan jika sudah sampai di Pantai Wohkudu. Perjalanan tidak akan terasa sia-sia dan terbayar lunas oleh apa yang Pantai Wohkudu sajikan. Suasana rileks langsung menghampiri tatkala hembusan angin mulai menyapa diiringi deburan ombak yang menghantam karang-karang yang berdiri kokoh. Sekelompok kupu-kupu yang terbang dan hinggap di sekitar tebing di sisi pantai sangat memanjakan mata kita.