Select Page

Hubungi:
0274 - 4332481

Jl. Adisucipto Km.10, Sambilegi, Yogyakarta
Indonesia

Situs Warungboto РYogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak sejarah didalamnya. Banyak bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Keraton yang akhirnya menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena selain berwisata anda juga bisa belajar mengenai sejarah pada masa lalu.

Kali ini Jogja mempunyai destinasi wisata yang terbilang masih baru, karena baru di resmikan pada tahun lalu. Wisata ini bernama Situs Warungboto yang terletak di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, situs ini sejatinya adalah sebuah pesanggrahan. Dahulu situs ini hanyalah reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat, namun akhirnya direnovasi pada pertengahan tahun 2016.

Menurut Pengageng Keraton Yogyakarta KRT Jatiningrat, situs tersebut adalah petilasan yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan pembangunannya diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Berdasarkan indentifikasi BPCB DIY, pesanggrahan ini dibangun menggunakan batu bata. Pesanggrahan dibangun di sisi barat dan timur sungai Gajah Wong dan membujur dari arah barat ke timur. Kompleks pesanggrahan terdiri dari pagar keliling dan bangunan pesanggarahan.

Perbaikan situs Warungboto ini memakan waktu yang cukup lama, karna pengerjaannya rumit dan tidak boleh salah bangun, harus mengikuti gambar aslinya.

Foto dan peta gambar rekonstruksi diperoleh dari pemetaan yang dilakukan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Yogyakarta pada tahun 1982. Selain itu, pada 2007 telah dilakukan studi  teknis terhadap Situs Warungboto.

Jika Anda tertarik berwisata dan foto-foto di situs Warungboto, harus mentaati sejumlah aturan yang ada, yakni dilarang memanjat bangunan situs, menjaga kebersihan, dan dilarang mencoret-coret tembok situs.