Select Page

Hubungi:
0274 - 4332481

Jl. Adisucipto Km.10, Sambilegi, Yogyakarta
Indonesia

Telaga Biru Semin merupakan danau buatan yang terbentuk akibat penambangan batu putih di daerah Semin Gunung Kidul. Penambangan batu yang dilakukan warga sekitar tujuannya untuk membuat kerajinan. Setelah penambangan batu terbentuk sebuah danau kecil yang airnya terkadang berwarna Hijau dab Biru. Hingga saat ini Telaga Biru Semin ini pesonanya kerap di bandingkan dengan keindahan telaga warna di Raja Ampat.

Aktivitas penambangan batu putih di sekitar Telaga Biru Semin Gunungkidul saat ini masih berlangsung atau belum berhenti. Masih banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari usaha pertambangan rakyat ini. Aktivitas penambangan batu putih terlihat sejak pagi hari hingga sore hari. Truk berukuran tanggung berlalu lalang untuk mengangkut bongkahan batu putih yang ditambang dan dipotong warga. Batu putih yang ditambang di kawasan ini akan diolah sebagai bahan baku bangunan hingga kerajinan. Entah sampai kapan perbukitan batu putih tersebut bertahan hingga semua sumber daya alam akan habis tidak bersisa.

Kawasan ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak foto-foto telaga ini tersebar di Sosial Media. Pengunjung Telaga Biru Semin semakin hari semakin bertambah, karna rasa penasaran dan ingin berfoto ditempat ini. Selain pemandangan alam berupa perbukitan dan persawahan yang indah, pengunjung juga bisa menikmati sunrise ataupun sunset di Telaga Biru. Lokasinya yang berada di ketinggian menyebabkan pengunjung bisa lebih leluasa menikmati dua peristiwa alam luar biasa, yang terjadi setiap hari itu.

Pengunjung Telaga Biru Semin Gunungkidul diharapkan tetap menjaga keselamatan diri sendiri. Kondisi tebing bukit batu putih yang rapuh dapat membahayakan keselamatan pengunjung. Aturan dan larangan sebaiknya segera diinformasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Keberadaan wisata baru ini dapat menjadi alternatif usaha masyarakat sekitar yang saat ini masih menggantungkan hidupnya pada usaha tambang batu puth.

Lokasinya berada di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.