Select Page

Hubungi:
0274 - 4332481

Jl. Adisucipto Km.10, Sambilegi, Yogyakarta
Indonesia

Candi di Jogja memang terkenal dengan jumlahnya yang banyak dan juga keindahannya yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi candi-candi yang ada di jogja. Berikut ini adalah 10 candi yang wajib anda kunjungi saat berada di Jogja:

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan pilihan tempat wisata candi di Jogja yang sudah tersohor. Candi Prambanan sendiri termasuk candi Hindu yang terbesar di Negara Indonesia, jadi tak heran jika candi ini menjadi primadona para wisatawan. Kompleks cadi di Desa Prambanan tersebut memiliki 3 bagian candi utama, diantaranya Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu. Dimana ketiga candi tersebut dikelilingi 4 candi kelir, 4 candi sudut dan 2 candi apit. Dengan begitu total keseluruhan candi pada kompleks tersebut berjumlah 224 buah.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko hanya terletak 3 km saja dari Candi Prambanan di arah selatan. Dimana candi ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno. Bangunan candi tersebut didirikan di masa pemerintahan bernama Rakai Panangkaran, sebagai salah satu dari keturunan Syailendra. Berdasarkan para ahli sendiri, candi ini sifatnya multifungsi sebab bisa dijadikan gua, tempat ibadah sekaligus benteng keraton. Tempat wisata candi di Jogja ini mempunyai keistimewaan, yaitu mempunyai sifat profan ditunjukan dari keberadaan paseban dan keputren.

3. Candi Kalasan

Candi Kalasan biasa dijuluki sebagai Candi Tara merupakan sebuah bangunan suci dipersembahkan untuk Dewi Tara yang juga merupakan biara untuk para pendeta. Bangunan candi ini dibangun sebagai bentuk penghargaan dari perkawinan Pancapan di Dinasti Sanjaya dan Dyah Pramudya Wardhani di Dinasti Syailendra. Adapun bangunan candi ini telah selesai didirikan sejak 778 M dengan begitu candi ini termasuk candi Buddha paling tua di Yogyakarta. Terletak di Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Candi Mendut

Objek Wisata candi yang satu ini berada di jarak 38 km saja dari pusat kota Yogyakarta dengan hanya berjarak 3 km saja dari letak Candi Borobudur. Dimana Candi Mendut termasuk Candi Buddha diperkirakan masih terhubung dengan bangunan candi Pawon. Sampai saat ini masih belum bisa dipastikan usia ataupun waktu didirikannya bangunan Candi Mendut ini.

5. Candi Sambisari

Bangunan candi ini termasuk salah satu bangunan candi di masa peninggalan kejayaan agama Hindu di area tanah Jawa, tepatnya berada di Kabupaten Sleman. Candi dengan aliran Syiwaistis ini dibangun sejak abad ke-10 didirikan Wangsa Syailendra dan ditemukan sejak tahun 1966 tanpa sengaja oleh petani yang berasal di Desa Sambisari bernama Karyoniangun saat tengah mencangkul di sawahnya.

6. Candi Sewu

Candi Sewu sebenarnya hampir mirip seperti Candi Prambanan. Tetapi candi ini termasuk candi Buddha yang terbesar kedua di nusantara sesudah candi Borobudur. Dengan hanya melihat namanya saja, kita tentu sudah dapat mengira bahwa kompleks candi ini mempunyai seribu candi. Tetapi justru candi ini hanya mempunyai 257 candi dimana terdapat 257 candi utama, dengan 8 candi pengapit serta sisanya candi pewarta. Letak Candi Sewu berada pada lembah Prambanan membentang mulai dari lereng bagian selatan Gunung Sewu pada perbatasan Yogyakarta dan Kabupaten Klaten.

7. Candi Ijo

 

18 km ke sebelah timur Yogyakarta, Anda akan menemukan sebuah candi yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi Ijo menjadi nama untuk kompleks candi yang terletak diatas bukit Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Kata “Ijo” berasal dari nama bukit tempat candi ini berdiri. Saat memasuki pintu gerbang candi ini, anda akan melihat ukiran berupa mulut raksasa berbadan naga. Kompleks candi ini juga memiliki 17 bangunan yang terdapat dalam 11 teras berundak.

Naah, itu merupakan beberapa candi di jogja yangsayang sekali untuk anda lewatkan. selain sejarahnya, banyak candi-candi yang juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa.